Minggu, 10 November 2013

PIDATO KESEHATAN



AIDS
Assalamualaikum Wr.Wb
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan kesehatan jasmani dan rohani.
Yang terhormat kepada Ibu Sari selaku dosen mata kuliah bahasa indonesia dan teman-teman ku sekalian
Tak lupa saya ingin memperkenalkan diri terlebih dahulu, Saya Merlina Herdiana salah satu mahasiswa dari D-3 Analis Kesehatan STIKes jenderal achmad yani ingin memenuhi salah satu tugas yaitu menulis pidato.
Tema pidato saya yaitu HIV/AIDS.
Untuk mengawali pidato ini saya ingin memberi definisi apa itu HIV/AIDS? HIV (Human immunodeficiency virus) adalah virus yang menyebabkan aids yang menyerang kekebalan tubuh manusia. HIV di tularkan melalui hubungan seks atau dengan pertukaran cairan seperti donor darah. AIDS (Acquired immunodeficiency syndrom) adalah sekumpulan gejala infeksi (syndrom) yang timbul karena rusaknya sistem kekebalan tubuh akibat virus HIV.
ini dapat membunuh manusia secara perlahan-lahan karena virus ini menyerang kekebalan tubuh manusia. Jadi pada kesempatan hari ini saya ingin menyampaikan pencegahan dan solusi untuk penderita ODHA atau pun yang bukan ODHA.
Cara nya gampang di ingat yaitu A B C D.
A.   (ABSTAN)
Yang artinya jauhi seks bebas.
B.    (BEFAITUR)
Yang artinya harus setia dengan pasangan.
C.    (CONDOM USE)
Yang artinya jika ingin melakukan seks setidaknya menggunakan kondom.
D.   (DRUGS)
Yang artinya menghindari narkotika apabila yang menggunakan jarum suntik.
Bagi penderita ODHA cara nya adalah jamgan putus asa dan terus mengkonsumsi obat anti reprovital (arv).
Pesan saya dari pidato di atas kepada seluruh anak muda jangan sekali-kali mencoba narkotika dan seks bebas. Karena masa depan keluarga dan Negara di atas pundak kalian.
Sekian dan terima kasih atas perhatian dosen dan teman-teman. Mohon maaf bila ada kekurangan.
Wabilahi taufik walhidayah wassalamualaikum Wr.Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar